Tailwind CSS merupakan framework yang bersifat utility-first untuk membangun desain antarmuka khusus dengan cepat, dilansir dari website resminya. blog Sinau Matematika↝ ini menggunakan tailwind CSS lho.. Tailwind menyediakan berbagai class atau gaya inline dan antarmuka yang luar biasa tanpa menulis satu baris pun dari CSS Anda sendiri.

Tailwind CSS, tidak seperti framework CSS lainnya, low-level dan utility-first, yang berarti menawarkan kepada Anda kumpulan class yang dapat Anda terapkan ke HTML dan gaya Anda, semuanya tanpa pernah menyentuh CSS.

Mengapa Memilih Tailwind?

Sebelumnya saya sih menggunakan bootstrap dan akhirnya akhir-akhir ini kok dengar ada tailwind CSS akhirnya ada beberapa alasan memilih tailwind CSS sebagai framework utama tampilan blog ini

  1. Utility Based

    Alasan pertama karena Tailwind mungkin satu-satunya framework yang berbasis Utility. Sedangkan framework yang lainnya kebanyakan berbasis komponen. Bootstrap memang punya class utility, tapi tidak sebanyak Tailwind. Class-class di Tailwind 100% adalah Utility.

  2. Lagi Populer

    Tailwind memang begitu populer belakangan ini. Banyak web yang mengadopsinya dan review-review-nya menjanjikan.

    Baru saja saya dengar kalau Google IO 2022 juga menggunakan TailwindCSS

    developer Google aja menggunakan Tailwind, berarti ini keren.

  3. Karena ingin Belajar Tailwind

    Alasan terakhir karena saya memang ingin belajar Tailwind. kayaknya cocok dipakai di blogspot..

Bagaimana memasang di blogger blogspot? yuuk mari kita mulai

Memasang Tailwind Di Bloger Blogspot

Ikuti yaa..

  1. Pertama, Login ke akun Blogger kamu dan pastikan sudah berada ditempat editor template

  2. Masukan kode di bawah ini dan tempatkan di atas kode </head>

    Gunakan CTRL+F untuk memudahkan pencarian

    1<script src="https://cdn.tailwindcss.com"></script>
    2</head>
    
  3. Setelah itu sesuaikan class-class yang ada di template blogger anda, misalkan akan merubah tag <h1></h1> maka tinggal tambahkan class saja didalamnya. jadinya <h1 class='text-xl font-bold underline'></h1>

  4. Kemudian Simpan / Save template

Dengan begitu sekarang blog Anda sudah dipasangiTailwind. Untuk memahami beberapa komponen dari Tailwind, kamu bisa mengunjungi situs resmi Tailwind melalui Tailwind CSS↝ atau bisa juga melihat beberapa tutorial untuk Tailwind pada kategori ini↝ .