Pusat data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek bersama BAKTI Kominfo menyelenggarakan Bimbingan Teknis Literasi Digital untuk Komunitas Belajar dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu berdaya saing tinggi dalam dunia teknologi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di hotel Artotel Mangkuluhur Jakarta pada 28 – 31 Maret 2022. Pembukaan Sebanyak 170 guru dari seluruh Indonesia sebagai Duta Rumah Belajar dan Kapten Belajar.id mengikuti bimbingan teknis untuk meningkatkan pemahaman mengenai kebijakan terkait layanan akses internet untuk pendidikan di daerah tertinggal, kemampuan implementasi penggunaan platform digital untuk pendidikan dan mengetahui hasil identifikasi penerapan penerapan literasi dan cakap digital dalam proses pendidikan.

Kapusdatin bersama Bakti Kominfo Kapusdatin Kemendikbudristek, M. Hasan Chabibie menyatakan kesiapannya untuk mendukung program kerja BAKTI Kominfo. Karena dengan kolaborasi ini dapat mengakselerasi program kementerian salah satunya digitalisasi sekolah. Selain konten pembelajaran yang dimiliki kementerian juga SDM seperti guru yang tergabung dalam Duta Rumah Belajar serta Kapten belajar.id siap dilibatkan untuk menyukseskan program kolaborasi ini. “Karena DRB telah menjadi mitra Pusdatin dalam mensukseskan program Pusdatin dan kementerian selama ini ditambah dengan adanya kapten belajar.id saat ini akan menjadi nilai tambah tersendiri, ” ujar Hasan yang juga penulis buku Literasi Digital ini.

Sesi materi yang pertama yaitu tentang BAKTI Kominfo yang disampaikan oleh Latifah Hanum – Kepala Divisi Layanan TI untuk Pemerintah Bakti, Dr. Said Mirza Pahlevi, M.Eng – Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik, dan Rangga Adi Negara – Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda. Dalam sesi ini disampaikan tentang BAKTI Kominfo dan juga Program Gerakan Nasional Literasi Digital 2022. BAKTI merupakan badan layanan yangg berada dibawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang mempunyai tugas untuk melaksanakan pengelolaan pembiyaan kewajiban pelayanan universal dan penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi dan informatika. Selain itu, Bakti Kominfo juga mengelola dana Universal Service Obligation (USO) dalam bentuk Program Digital Leadership Academy dan Digital Talents Scholarship dalam rangka mengatasi kesenjangan digital di Indonesia. Beberapa program Bakti Kominfo antaralain yaitu membangun tower Base Transceiver Station (BTS), palapa ring, akses internet, kemitraan desa, ekosistem digital, dan satelit. Sesi materi Kedua tentang PTP dalam Penguatan Literasi Digital pada Ekosistem Satuan Pendidikan disampaikan oleh Dr. Purwanto - PTP Ahli Utama, Pusdatin, Kemdikbudristek dan juga materi tentang Peran Pengembang Teknologi Pendidikan dan Data Pendidikan dalam Penguatan Literasi Digital pada Ekosistem Pendidikan yang disampaikan oleh L. Manik - Koordinator Data Pendidikan, Pusdatin, Kemdikbudristek.

Paparan Materi Pada sesi ketiga disampaikan materi Layanan Pusdatin: PembaTIK, Belajar.id, Kihajar, Medsos, Sapa Rumbel dan Platform Sumber Daya Sekolah

Pada sesi keempat di isi oleh Dr. Nita Isnaeni, S.I.P., M.Pd., - Subkoordinator Pokja Transformasi Pembelajaran Bidang Literasi dan Numerasi, Direktorat Guru Pendidikan Dasar dan Jatnika Hermawan - Subkoordinator Transformasi Digital, Direktorat Guru Dikdas, Ditjen GTK memberikan paparan tentang Guru Belajar dan Berbagi Pemerintah ingin melakukan gerak cepat terhadap permasalahan pendidikan. Dalam hal ini, GTK berusaha mencari solusi terbaik agar bisa terhubung dengan para guru agar terjadi pemerataan. Diantaranya dengan menghadirkan platform Guru Berbagi dan Guru Belajar. Melalui Ayo Guru Berbagi kami berharap dapat dijadikan sebagai ruang gotong royong untuk saling berbagi. Guru Belajar dan Berbagi dapat dijadikan referensi dan inspirasi yang bisa dimanfaatkan oleh para guru, khususnya DRB, agar bisa diaktualisasikan dalam mewujudkan pembelajaran yang lebih baik. Platform ini juga sebagai upaya berkelanjutan untuk mempraktikkan pemblejaran mandiri dan mewujudkan pembelajaran dalam komuntas. Serta sebagai sarana untuk mencari ilmu dan membagikan ilmu.

Kunjungan Pusdatin Rangkaian acara ditutup dengan melakukan kunjungan ke kantor Pusdatin Kemendikburistek di Ciputat, Tangerang Selatan untuk melihat langsung proses pembuatan konten di Portal Rumah Belajar dan melihat fasilitas dan proses penyiaran TV Edukasi dan Radio Suara Edukasi.

Sumber: https://pusdatin.kemdikbud.go.id/literasi-digital-untuk-komunitas-belajar/↝